Sambut Malam Lailatul Qadar

Semua umat muslim di dunia pasti mendambakan bertemu malam Lailatul Qadar. Tapi hanya sedikit yang mendapatkan malam yang paling mulia pada bulan Ramadhan ini. Malam Lailatul Qadar dihargai dengan seribu bulan. Dalam artian jika kita menemukan malam Lailatul Qadar, dan beribadah pada malam beruntung tersebut, maka ibadah kita setara dengan ibadah yang kita lakukan selama seribu bulan.

Untuk mendapatkan keberuntungan itu, tentu tidak segampang membalik telapak tangan. Ketua Tarbiyah Islamiyah Sumbar, Boy Lestrai menyebut sampai saat ini malam Lailatul Qadar ini tidak tahu kapan datangnya.
Yang bisa dilakukan adalah melakukan persiapan yang lebih dengan meningkatkan ibadah. Kerahasian ini dimaksudkan agar manusia bersungguh-sungguh dan memperbanyak amal pada seluruh malam dengan harapan ada yang bertepatan dengan Lailatul Qadar.
Berbeda jika Lailatul Qadar itu telah dipastikan waktunya, maka tentu kesungguhan dalam beramal hanya akan dilakukan pada malam itu saja. Akibatnya, kesempatan beribadah pada malam-malam lainnya akan berlalu begitu saja atau minimal amal ibadahnya.
Ulama yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor III IAIN Imam Bonjol Padang, Asasriwarni menyebutkan, umat Islam yang akan mendapatkan berkah malam Lailatul Qadar ini tidak bisa diambil dalam sekejap mata. Perlu keikhlasan untuk mendapatkan kesempatan ini.
Dianjurkan bagi setiap yang menginginkan Lailatul Qadar agar menghidupkan malam itu dengan berbagai ibadah, seperti shalat malam, tilawah Al Quran, dzikir, doa dan amal-amal shaleh lainnya. Orang yang menghidupkan malam itu dengan amal-amal ibadah akan merasakan ketenangan hati, kelapangan dada dan kelezatan dalam ibadahnya. Sebab semua itu dilakukan penuh keimanan dan mengharapkan ridho Allah SWT.
Asasriwarni menilai adanya malam penuh berkah itu bisa dijadikan pemicu agar malam berikutnya pada hari lain, umat Islam bisa selalu meningkatkan ibadah. Jadi dengan adanya malam itu, umat Islam akan terbiasa dan berlomba mengerjakan ibadah. Dan pada akhirnya akan meningkatkan iman dan takwa pada individu umat Islam.
Datangnya malam Lailatul Qadar bukan membekunya air di sungai, atau hal yang tidak masuk akal. Sesuai buku yang dibacanya dan ilmu yang dimilikinya, ciri datangnya malam Lailatul Qadar ini ada dijelaskan oleh beberapa sabda Rasulullah SAW.
Cirinya antara lain, Lailatul Qadar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah, ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani. Dan Biasanya malam lailatul Qadar ini datang sepuluh malam terakhir. (e)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: