Tips Mengatasi Ketakutan atau Fobia Public Speaking

Fobia Public Speaking merupakan kondisi kecemasan berlebihan yang timbul karena keharusan berbicara di depan audiens yang terdiri dari sekelompok orang dalam jumlah besar. Sebenarnya kecemasan ini merupakan sesuatu yang alamiah apabila kadarnya sedikit namun kadang-kadang dapat tumbuhmenjadi suatu fobia dengan tanda-tanda dan gejala-gejala psikis yang mengkhawatirkan.

Fobia berbicara di depan public dapat memberikan pengaruh yang besar pada kemampuan seseorang untuk mengembangkan karir mereka. Kabar baiknya adalah terdapat solusi efektif yang berguna untuk mengatasi fobia Public Speaking ini.

Ketakutan terhadap ekspos public merupakan kecemasan yang alami yang pasti kita alami baik dalam tingkat rendah ataupun tinggi. Ketakutan yang umum terjadi seperti pada ketinggian, pada ruangan yang luas atau pada laba-laba misalnya adalah bersifat diturunkan dan dengan kata lain adalah bersifat alami. Manusia secara normal akan memiliki kecenderungan untuk mengalami ketakutan karena perasan semacam inilah yang membantu nenk moyang kita untuk hidup pada masa-masa yang penuh bahaya.

Mungkin sedikit janggal untuk menganggap bahwa suatu momen pidato atau berbicara di depan public sebagai suatu situasi yang berbahaya. Namun fakta menunjukkan bahwa ekspos terhadap public pada umumnya telah menyebabkan kebanyakan dari kita merasa sangat cemas karena nenek moyang kita juga telah belajar untuk berhati-hati terhadap sekelompok orang.

Antisipasi merupakan salahsatu faktor yang bermain dalam hal ini. Terdapat banyak respon-respon psikologis ketika antisipasi yang dilakukan justru memperburuk gejala kecemasan seperti muka yang memerah. Dengan adanya kecemasan terhadap Public Speaking, sinyal peristiwa yang memburuk mendekat dan sering menghasilkan respons yang berlebihan can dapat terlihat dengan cukup jelas.

Respon kecemasan akan bervariasi antar individu dan dalam situasi-situasi yang berbeda. Dalam kasus-kasus yang ekstrem, manusia secara umum dapat mengalami tendangan adrenalin, yaitu suatu pelepasan hormone adrenalin secara mendadak yang umumnya menyebabkan bergetarnya otot (biasanya otot yang lebih besar terutama pada kaki merupakan bagian yang paling teprengaruh), berhentinya proses pencernaan sementara yang biasanya mengakibatkan kekeringan pada mulut, perubahan pada timber suara dan beberapa kelompok perubahan fisik yang berurutan, yang berhubungan dengan persepsi.

Tentunya kita tidak mengharapkan tubuh kita untuk bereaksi demikian namun pelepasan adrenalin ini sebenarnya memberikan beberapa manfaat termasuk pengurangan sensitivitas terhadap rasa sakit, meningkatnya kapasitas untuk aktivitas fisik, perbaikan yang dramatis terhadap memori, focus pikiran tunggal pada aksi darurat yang diperlukan untuk memastikan kita tetap aman. Jadi, dalam hal ini mekanisme keamanan yang kuatlah yang telah dipicu secara kurang tepat.

Lalu, apakah yang harus dilakukan untuk mengatasi fobia terhadap Public Speaking ini? Hipnoterapi telah terbukti menjadi salahsatu metode yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Hypnoterapi sebenarnya merupakan salah satu bentuk psikoterapi yang unik karena analisis seringkali dihilangkan. Seorang hipnoterapis memiliki pilihan untuk melengkapi klien mereka denganalat-alat yang efektif tanpa harus mengerti pengalaman masa lalu klien untuk memahami mengapa mereka memiliki masalah fobia Public Speaking ini.

Hypnosis merupakan suatu peluru ajaib yang mampu memberikan hasil yang dapat diandalkan sehubungan dengan kasus-kasus kecemasan akut yang diakibatkan fobia terhadap Public Speaking.secara umum hipnoterapi cukup efektif untu spectrum yang luas dari kasus-kasus fobia sehingga kasus fobia terhadap public speaking secara husus dapat ditangani oleh hipnoterapi.

Jika anda memiliki fobia terhadap Public Speaking, mungkin ini saatnya anda menggali kemungkinan-kemungkinan mengatasi masalah tersebut dengan pendekatan hipnoterapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: