Cara Membuat Perencanaan dan Strategi Bisnis

Strategi Bisnis diperlukan untuk mendukung Rencana Bisnis utama Anda dan pada dasarnya hal itu mengatur pendekatan standar untuk mengembangkan peluang baru, baik dari dalam kemampuan sumber daya yang ada atau dengan proaktif menargetkan account merek baru yang potensial dan kemudian bekerja untuk menutupnya.

Tentang bagaimana cara menemukan metode yang efektif bagi pengembangan bisnis anda dapat anda temukan bahasannya dalam tulisan ini.

Artikel ini membahas isu-isu kunci yang harus Anda pertimbangkan sebelum menyusun Strategi Bisnis untuk keberhasilan pelaksanaan rencana Anda sendiri dan mudah-mudahan akan dapat memandu Anda secara logis melalui kerangka yang terbukti.

Kata kuncinya adalah Strategi Bisnis, karena Anda diharapkan mampu membuat sekumpulan metode efektif yang dapat dikerjakan dan dapat dicapai tujuan untuk melebihi target tahunan Anda.

Sebagai titik awal membuat Strategi Bisnis anda dapat bertanya menggunakan kata kunci Siapa? Apa? Dimana? Kapan? Yang? Mengapa? Bagaimana?

Sebagai langkah berikutnya dalam penyusunan Strategi Bisnis adalah mengajukan pertanyaan: Yang – yang akan Anda target? Apa – apakah Anda ingin menjual mereka? Dimana – lokasi mereka? Ketika – akan Anda mendekati mereka? Yang – adalah personil sasaran yang tepat? Mengapa – akan mereka ingin bertemu dengan Anda? Bagaimana – akan Anda mencapai mereka?

Sebagai contoh Strategi Bisnis dalam hal keuangan perusahaan adalah jika Anda telah melaksanakan review keuangan biasa selama dua belas bulan sebelumnya maka anda harus menyadari setiap peluang baru yang akan muncul selama dua belas bulan ke depan.

Anda juga akan menilai berapa persen dari target tahunan. Anda dapat melihat dari laporan keuangan yang ada dan juga perlu untuk memeriksa data selama dua atau tiga tahun terakhir.

Ada kemungkinan bahwa Anda dapat menerapkan Pareto yaitu 80% dari bisnis Anda mungkin akan datang dari account yang ada dan pada kenyataannya 80% dari total pendapatan Anda akan berasal dari hanya 20% dari pelanggan Anda / klien. Anda akan memperoleh timbangan yaitu “20% dari bisnis saya tahun depan akan datang dari peluang baru” – oleh karena itu Anda dapat mulai untuk mengalokasikan waktu penjualan yang sesuai.

Strategi Bisnis juga dapat dilakukan dengan membuat profil ideal bagi pelanggan yaitu dengan sifat Pro-aktif pengembangan bisnis yang menuntut kita membuat target yang ideal di ujung depan – yaitu dengan membuat Profil tentang Pelanggan Ideal. Karakteristik penting yang Anda perlu dipertimbangkan adalah: Sektor Industri, Letak Geografis (Demografi), Ukuran organisasi (Omset, jumlah karyawan dsb), Tren Keuangan dan Psikografis – yaitu Filosofis kompatibilitas.

Strategi Bisnis menggunakan profil ideal pelanggan didasari oleh pemikiran bahwa banyak penjualan profesional strategis hanya profil klien yang terbaik yang ada dan mencoba untuk meniru mereka – tidak ada yang salah dengan melakukan hal ini tetapi kita harus selalu ingat bahwa kita sedang mencari IDEAL dan kami selalu dapat memperbaiki apa yang sudah kita miliki.

Strategi Bisnis juga meliputi analisis peluang baru dalam akun lama. Sebagai contoh, karena biaya produksi yang meningkat, maka sebaiknya terlebih dahulu anda menemukan dan kemudian menjual kepada pelanggan baru disamping mempertahankan pelanggan yang sudah ada (walaupun biaya ini jarang tercermin dalam biaya penjualan).

Penting bahwa kita sepenuhnya selalu berencana mengembangkan keuntungan yang ada ke segala arah sebagai bagian dari Strategi Bisnis sehingga membuat reputasi berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: