Terapi Hati…

Terapi Hati

06 Desember 2012

Tulisan-tulisan saya di klinikhati sebenarnya realita dari sebegitu kompleksitasnya hidup di dunia, dari masalah keluarga, sosial, bertetangga dan kemasyarakatan. Tujuannya tak lebih sebagai upaya agar berguna bagi pembaca yang merasakan penderitaan yang sama melalui pendekatan terapi hati. karena setiap manusia memiliki hati nurani yang pada dasarnya bisa menyembuhkan penyakit didalam hatinya dengan belajar dari pengalam orang lain, hidup kita tidak sendirian dalam menanggung beban derita, masih banyak orang lain yang lebih menderita dari kita dan kita bisa menyembuhkan dengan menggali potensi diri dan aktualisasi diri dalam hidup ini.

Setiap peristiwa yang menyakitkan adalah cobaan sekaligus latihan kesabaran dalam kehidupan ini, dalam banyak kasus membuktikan, hanya orang-orang yang bisa mengubah cobaan menjadi kesempatan dirinya akan berubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik, bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bermanfaat bagi keluarga bahkan bermanfaat bagi orang-orang disekelilingnya dengan membantu menyembuhkan orang lain yang terluka hatinya.
Maka cobaan adalah kesempatan bagi Allah SWT untuk menguji seberapa iman dan taqwa kepada-Nya. dan semakin kuat pondasi keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT maka semakin kuat kita tuk mampu menghadapinya. Maka bagi anda yang dilanda kesedihan, penderitaan niscaya semua itu akan berakhir dan diganti dengan kemudahan, kelapangan-Nya. Bukankah setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Jika kita belum bisa menemukannya, niscaya itu semua ada rahasia yang belum mampu kita ketahui, maka kita kembali kepada Allah SWT melalui pertanyaan-pertanyaan yang ada di lubuk hati sanubari kita yang terkecil.

Pengalaman dan cobaan tidaklah harus mengalami sendiri tetapi kita peroleh dengan membaca, mendengar atau melihat sebuah peristiwa. Sehingga kita semakin bersyukur, maka Allah tidak memberikan kita cobaan yang berat pada diri kita. Janganlah membenci orang yang telah menyakiti anda, karena mereka yang telah menyakiti anda hanyalah sarana untuk menguji ketakwaan dan kesabaran anda. Hanya bagi orang yang bersabar dan bertakwa maka Allah melimpahkan banyak anugerah dan kebahagiaan pada hidup anda dan keluarga. Sebagaimana Firman Allah.

‘Kamu sungguh-sungguh diuji terhadap hartamu & dirimu. Dan juga kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang menyekutukan Allah, gangguan yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar & bertakwa maka sesungguhnya yang demikian itu patut diutamakan.’ (QS. Ali Imran : 186).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: