Terapi Dzikrullah

Terapi Dzikir dan Doa – Ingat kpd Allah akan menghasilkan kehidupan kalbu. Adapun perumpamaan kalbu yg selalu ingat adalah ibarat orang yg hidup ditengah kehidupan lainnya. Sebaliknya, kalbu yg lalai bagaikan mayat yg berada dikamar mayat. Tidak diragukan lagi, tubuh orang yg lalai merupakan kuburan bagi kalbunya; sedangkan kalbu yg berada di dlmnya bagaikan jasad di dlm kuburan. Seorang penyair bersenandung: “Lupa dari mengingat Allah adalah kematian kalbu, mereka dan jasad-jasad mereka sebelum dikubur adalah kuburan. Ruh-ruh mereka berada dlm keadaan terasing diantara jasad-jasad mereka, tiada lagi bagi mereka sampai dibangkitkan suatu kebangkitan”. Dari Abu Musa r.a.; “diceritakan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Perumpamaan orang yg mengingat Tuhannya dan orang yg tdk mengingat-Nya bagaikan oramg yg hidup dan yg mati”. Dalam perumpamaan ini terdapat kebajikan mulia dan keistimewaan agung bagi orang yg selalu ingat. 
 
Perbuatan mengingat Allah Swt yg selalu dilakoninya itu, membuat dirinya berada dlm kehidupan intrinsik sekaligus kehidupan spiritual yg sempurna, karena diliputi oleh cahaya-cahaya dan limpahan pahala yg dicapainya. Sebaliknya; orang yg meninggalkan zikir, sekalipun ia berada dlm kehidupan intrinsik, kehidupannya tdk memiliki arti yg dpt dinilai, bahkan ia serupa dgn orang mati yg tdk pernah tercurah kpdnya sesuatu yg tercurah kpd orang hidup yg disibukkan oleh ketaatan kpd Allah Azza wa Jalla. Bagi orang yg selalu mengingat Tuhannya, kehidupan akan senantiasa berlangsung; tdk pernah putus, sekalipun oleh kematian yg datang menjemputnya. Ia tetap hidup meskipun raganya mati. Sedangkan orang yg tdk mengingat Tuhan, hakikatnya ia mati sekalipun didunia ini ia tetap berada di tengah kehidupan yg lain. Ia hanya berada dlm kehidupan hewani, padahal seluruh alam ini hidup dlm kehidupan penuh zikir. Jadi, tdk salah jika orang yg berzikir dan yg tdk berzikir itu diumpamakan dgn orang hidup dan orang mati. Ini merupakan penghargaan terbesar bagi orang yg berzikir, dan merupakan kehormatan yg tertinggi utk keutamaannya, sekaligus merupakan peringatan bagi orang yg melalaikannya. Dzikrullah membangunkan kalbu dari tidurnya dan menyegarkannya dari rasa kantuk. Karena, jika kalbu itu selalu tertidur, niscaya akan terlewatkan darinya kesempatan utk meraih keuntungan dlm transaksi bisnisnya. Kalau sudah demikian, tentu kebanyakan usahanya akan merugi. 
 
Namun, saat ia terjaga dan menyadari apa yg terlewatkan darinya ketika ia tidur, tentu ia akan mengencangkan ikat pinggangnya lalu menghidupkan sisa umurnya demi mengejar ketinggalannya, sehingga tdk ada yg ia hasilkan selama terjaganya selain zikir. Ternyata, kelalaian adalah tidur yg sangat lelap. Maka berhati-hatilah terhadap kealfaan serta kelalaian dari mengingat Allah karena itu merupakan pangkal dari semua musibah dan hanya akan mendatangkan penderitaan. Ketahuilah, di dlm kalbu itu ada bagian yg mengeras yg tdk dpt dilelehkan kecuali dgn zikir kpd Allah Swt. Oleh karena itu, hendaklah seorang hamba mengatasi kekerasan kalbunya dgn senantiasa berzikir kpd Allah Swt. Sebab, kalbu itu bilamana bertambah kelalaiannya, bertambah pula kekerasannya. 
 
Dengan berzikir dan mengingat Allah Swt, akan melunakkan kekerasan itu, laksana timah yg meleleh di dlm api. Ingatlah, tdk pernah melunak kekerasan kalbu, dgn apapun, seperti melunaknya ia karena zikir kpd Allah Swt. Oleh karena itu, berzikir dan beristigfarlah kpd Allah Swt kala memasuki pagi dan soremu, kala siang dan malammu, kala berjalan, berdiri, duduk dan berbaring, kala sendirian dan kebersamaanmu. Berzikirlah kpd-Nya di setiap waktu-mu, bahkan di sela-sela kesibukanmu. Semoga engkau mendapatkan kecermelangan kalbu demi kebahagiaan di dunia dan di akhiratmu. Lafad zikir itu banyak jumlahnya; yg paling ringan tetapi paling berat bobotnya adalah tahlil, tasbih, tahmid, dan takbir. Sekali lagi, berzikirlah dgn penuh pemahaman, perenungan, dan penghayatan. Semoga Allah Swt mengaruniai kita kesembuhan dari kealpaan dan kelalaian. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: